Telah Tersedia Buku Menuju Indonesia Emas Menggapai Negara Maju Berkeadilan

Visited 73 times , 3 Visits today

Kali ini Pustaka INDEF menghadirkan buku karya Faisal Basri dan Haris Munandar berjudul : MENUJU INDONESIA EMAS : Menggapai Negara Maju Berkeadilan. Buku ini merupakan terbitan irsa press dimana Pustaka INDEF menjadi partner untuk proses penjualan. Buku dibandrol Rp150.000 per bukunya (sudah termasuk ongkos kirim). Untuk saat ini, buku baru tersedia dalam bentuk cetak.

Buku ini membahas sejarah perjalanan ekonomi Indonesia sejak merdeka hingga sekarang sebagai bahan pembelajaran berharga untuk meniti perjalanan ke depan. Dari sini kami mengidentifikasi faktor-faktor utama yang menghadang gerak maju dan bagaimana mengatasinya. Yang tak kalah penting ialah bagaimana mendayagunakan potensi bangsa yang tergolong “luar biasa” sebagai negara maritim dengan lapisan tebal penduduk usia produktif serta karunia kekayaan alam yang relatif sangat memadai dan beragam. Tulang punggung untuk menghimpun potensi yang masih berserakan ini adalah Generasi Emas yang niscaya mumpuni menghadapi segala tantangan di era Revolusi Industri IV dan V, menuju Indonesia emas 2045.

Lebih lanjut, seperempat abad lagi Indonesia akan merayakan 100 tahun kemerdekaan, diwarnai oleh beberapa kali kemunduran dan sempat pula terjerembab ke dalam jurang krisis kecil, medium maupun besar. Indonesia butuh waktu 58 tahun untuk keluar dari kelompok negara berpendapatan rendah (low income country) naik kelas menjadi negara berpendapatan menengah bawah (lower middle income). Negara-negara tetangga yang memulai pembangunannya setelah meraih kemerdekaan yang hampir bersamaan dengan Indonesia banyak yang lebih dulu melesat. Korea Selatan dan Singapura sudah meraih status negara berpendapatan tinggi (high income),. Sementara itu, Malaysia telah masuk kelompok negara berpendapatan menengah atas (upper middle income), sedangkan Thailand dan Filipina mendahului Indonesia keluar dari kelompok negara berpendapatan rendah.

Buku ini cocok bagi Anda mahasiswa, praktisi, ekonom, politisi, dosen dan masyarakat umum yang tertarik dengan isu perekonomian Indonesia.

Tentang Penulis

Faisal Basri memulai kiprahnya sebagai pengajar dan peneliti pada 1981 di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi (dan Bisnis) Universitas Indonesia. Bersama Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti. Faisal menjadi pengasuh matakuliah Ekonomi Politik yang pertama di FEB-UI pada akhir 1980-an. Menamatkan S-1 di FEUI dan S-2 di Vanderbillt University, Amerika Serikat. Ia lahir di Bandung 6 November 1959.

Haris Munandar lahir di Salatiga, 25 Juli 1966. Aktif sebagai penulis sejak masa kuliah di Universitas Indonesia. Menekuni bidang ekonomi politik sejak menulis skripsi atas bimbingan alm DR Hero Kuntjoro-Jakti yang memperkenalkannya kepada Faisal Basri selaku pembimbing kedua, yang kemudian membuka mata kuliah ekonomi politik internasional di FISIP UI di tahun 1990. Bermukim di Jakarta dan Pandeglang dengan dua anak, M Rake Linggar Anggoro dan M Bre Aulia Surenggo.

Tertarik membeli?

Klik : www.s.id/indonesia_emas untuk memesan.

Narahubung : Sharwo Edhie +62 813-8047-7878

 

 

Leave a Reply